Apa itu Node.js?

Apa itu Node.js ?

Node.js adalah open-source server side runtime yang dibangun pada mesin JavaScript V8 Chrome. Provides ini menyediakan lingkungan I / O dan cross-platform runtime yang didorong, non-blocking (asynchronous) untuk membangun aplikasi server-side yang sangat stabil menggunakan JavaScript. Node.js dapat digunakan untuk membangun berbagai jenis aplikasi seperti command line application, aplikasi web, real-time chat application, server REST API dll. Namun, ini digunakan terutama untuk membangun program jaringan seperti server web, mirip dengan PHP, Java, atau ASP.NET. Node.js ditulis dan diperkenalkan oleh Ryan Dahl pada 2009. Kunjungi Wikipedia untuk mengetahui sejarah Node.js.

Bagaimana Node.js Bekerja?

Berbeda dengan bahasa pemrograman server-side pada umumnya yang bersifat blocking, Node.js bersifat non-blocking, sebagaimana halnya JavaScript bekerja. Node.js berjalan dengan basis event (event-driven). Maksud dari Blocking secara sederhana adalah, bahwa suatu kode program akan dijalankan hingga selesai, baru kemudian beralih ke kode program selanjutnya.

Keuntungan dari Node.js

  • Node.js adalah framework open-source di bawah lisensi MIT. (Lisensi MIT adalah lisensi perangkat lunak gratis yang berasal dari Massachusetts Institute of Technology (MIT).)
  • Menggunakan JavaScript untuk membangun seluruh aplikasi sisi server.
  • Framework ringan yang mencakup bare minimum modules. Modul lain dapat dimasukkan sesuai kebutuhan aplikasi.
  • Asinkron secara default. Jadi kinerjanya lebih cepat daripada framework lainnya.
  • Cross-platform Frameworks yang berjalan di Windows, MAC atau Linux.

Fitur

  • JavaScript berjalan di server
  • Bagus dalam perhitungan kecil dan cepat
  • Direkomendasikan oleh Microsoft dan Yahoo
  • Kuat di bidang Web real-time
  • Aplikasi web kecil dan sangat mobile, ideal untuk aplikasi yang membutuhkan kinerja waktu nyata

Fitur yang sedikit dalam

Suatu program yang memperoleh data dari database yang beroperasi dengan pemrosesan asinkron (alasan untuk operasi kecepatan tinggi) . Dalam kasus pemrosesan sinkron, ia menunggu respons dari database, tetapi dalam kasus pemrosesan asinkron, proses lain dilakukan sambil menunggu respons dari database. Dapat dieksekusi. Karena metode di atas digunakan, sejumlah besar akses dapat diproses dengan kecepatan tinggi. Thread meningkatkan efisiensi konsumsi memori (alasan komputasi kecil) Awalnya, ketika beberapa akses dibuat ke server, memori dialokasikan dan dieksekusi untuk masing-masing (multi-thread). Namun, efisiensi menjadi lebih buruk karena batas atas. Node.js meningkatkan efisiensi memori dengan mengambil metode pemrosesan akses satu per satu dengan satu memori. Sekilas, tampaknya pemrosesan bisa lambat karena hanya satu proses yang dapat dilakukan dengan satu memori, tetapi berkat pemrosesan asinkron yang dijelaskan di atas, pemrosesan dapat dijalankan tanpa menunggu pemrosesan dalam memori. Akses dapat diproses dengan kecepatan tinggi.

Referensi

Leave a comment

Plain text only. Comment must be over 20 characters.